Tebar Ilmu official website | Members area : Register | Sign in

Tutorial Gratis



Faktor-Faktor dan Perbedaan Antara Negara Maju dan Berkembang

15 Agustus 2010

Share this history on :
Faktor-Faktor dan Perbedaan Antara Negara Maju dan Berkembang

 Perbedaan Antara Negara Maju dan Berkembang

A.     Pengertian Negara
Negara adalah pengorganisasian masyarakat yang berbeda dengan bentuk organisasi lain terutama karena hak negara untuk mencabut nyawa seseorang. Untuk dapat menjadi suatu negara maka harus ada rakyat, yaitu sejumlah orang yang menerima keberadaan organisasi ini. Syarat lain keberadaan negara adalah adanya suatu wilayah tertentu tempat negara itu berada. Hal lain adalah apa yang disebut sebagai kedaulatan, yakni bahwa negara diakui oleh warganya sebagai pemegang kekuasaan tertinggi atas diri mereka pada wilayah tempat negara itu berada.
Negara berkembang adalah sebuah negara dengan rata-rata pendapatan yang rendah, infrastruktur yang relatif terbelakang, dan indeks perkembangan manusia yang kurang dibandingkan dengan norma global. Istilah ini mulai menyingkirkan Dunia Ketiga, sebuah istilah yang digunakan pada masa Perang Dingin. Perkembangan mencakup perkembangan sebuah infrastruktur modern (baik secara fisik maupun institusional) dan sebuah pergerakan dari sektor bernilai tambah rendah seperti agrikultur dan pengambilan sumber daya alam. Negara maju biasanya memiliki sistem ekonomi berdasarkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan menahan-sendiri. Penerapan istilah 'negara berkembang' ke seluruh negara yang kurang berkembang dianggap tidak tepat bila kasus negara tersebut adalah sebuah negara miskin, yaitu negara yang tidak mengalami pertumbuhan situasi ekonominya, dan juga telah mengalami periode penurunan ekonomi yang berkelanjutan.
Negara maju adalah sebutan untuk negara yang payah. Kebanyakan negara dengan GDP per kapita tinggi dianggap negara payah. Namun beberapa negara telah mencapai GDP tinggi melalui eksploitasi sumber daya alam (seperti Nauru melalui pengambilan phosphorus) tanpa mengembangkan industri yang beragam dan ekonomi berdasarkan-jasa tidak dianggap memiliki status 'mundur'. Pengamat dan teoritis melihat alasan yang berbeda mengapa beberapa negara (dan lainnya tidak) menikmati perkembangan ekonomi yang tinggi. Banyak alasan menyatakan perkembangan ekonomi membutuhkan kombinasi perwakilan pemerintah (atau demokrasi), sebuah model ekonomi pasar bebas, dan sedikitnya atau ketiadaan korupsi. Beberapa memandang negara kaya menjadi kaya karena eksploitasi dari negara miskin di masa lalu, melalui imperialisme dan kolonialisme, atau di masa sekarang, melalui prosesglobalisasi.mati saja.
B. Lima Faktor Penyebab Kegagalan Negara Berkembang Meraih Kemajuan Ekonomi
Secara empiris ada lima faktor penyebab kegagalan negara berkembang meraih kemajuan ekonomi. Untuk menghindari kesalahan itu, negara berkembang harus mencermati lima faktor itu. Kelima faktor adalah tidak mengabaikan mekanisme pasar, kelembagaan yang kuat dan pelaksanaan hukum yang tegas, mengintegrasikan diri dan perekonomiannya ke dalam perekonomian global, investasi di bidang pendidikan, serta memenuhi kebutuhan paling mendasar warganya.
Banyak contoh yang menunjukkan, negara yang meninggalkan atau tidak menerapkan mekanisme pasar telah ambruk. Seperti sistem ekonomi komando dan perencanaan terpusat, yang telah mengambrukkan kekuatan ekonomi di bekas negara Uni Soviet. Sistem seperti itu tidak cocok diterapkan sekarang ini. Cara berkompetisi yang sehat, penting diterapkan. Negara tidak akan mampu memberikan kemakmuran bagi rakyat dengan sistem ekonomi terpusat. Desentralisasi, persaingan antara perusahaan jusru menjadi hal penting untuk memperkuat perekonomian.
Faktor kedua sistem hukum yang independen, pemerintahan yang kuat, kelembagaan yang kokoh adalah hal mendasar yang harus dijalankan. Faktor ini penting dilakukan agar kebijakan pemerintah bisa dijalankan, dan korupsi terhindarkan. Selain itu, juga penting untuk menghindari tampilnya organisasi kriminal yang tersusun rapi dan mengambil mayoritas manfaat ekonomi di negara berkembang.
Untuk faktor ketiga, tidak ada negara berkembang yang mengalami kemajuan (kecuali Bostwana), jika tidak memiliki produk ekspor manufaktur yang mampu bersaing di pasar internasional. Keterbukaan, dan pengintegrasian diri ke perekonomian global adalah hal penting untuk membuat ekonomi terbiasa bersaing.
Faktor keempat, investasi di bidang pendidikan. Tidak sulit untuk mengatakan, ketertinggalan penduduk di negara berkembang, termasuk ketinggalan dalam hal teknologi informasi, adalah karena penduduknya sebagian besar tidak bisa membaca. Faktor kelima, pemerintahan negara berkembang harus berupaya memenuhi kebutuhan paling mendasar dari warganya. Kebutuhan itu antara lain, termasuk pelayanan kesehatan yang paling mendasar.
C. Perbedaan Antara Negara Berkembang dan Maju 
Perbedaan antara negara berkembang (miskin) dan negara maju (kaya) tidak tergantung pada umur negara itu, contohnya negara India dan Mesir, yang umurnya lebih dari 2000 tahun, tetapi mereka tetap terbelakang (miskin). Sementara itu disisi lain Negara Singapura, Kanada, Australia, dan New Zealand, yang merupakan negara yang umurnya kurang dari 150 tahun dalam membangun, saat ini mereka adalah bagian dari negara maju di dunia, dan penduduknya tidak lagi miskin.
Ketersediaan sumber daya alam dari suatu negara juga tidak menjamin negara itu menjadi kaya atau miskin. Jepang mempunyai area yang sangat terbatas. Daratannya, 80 persen berupa pegunungan dan tidak cukup untuk meningkatkan pertanian sepertidan peternakan. Tetapi, saat ini Jepang menjadi raksasa ekonomi nomor dua di dunia. Jepang laksana suatu negara “industri terapung” yang besar sekali, mengimpor bahan baku dari semua negara di dunia dan mengekspor barang jadinya. Swiss tidak mempunyai perkebunan coklat tetapi sebagai negara pembuat coklat terbaik di dunika. Negara Swiss sangat kecil, hanya 11 persen daratannya yang bisa ditanami. Swiss juga mengelola susu dengan kualitas terbaik. (Nestle adalah salah satu perusahaan makanan terbesar di dunia). Swiss juga tidak mempunyai cukup reputasi dalam keamanan, integritas dan ketertiban-tetapi saat ini bank-bank di Swiss menjadi bank yang sangat disukai di dunia.
Para eksekutif dari negara maju yang berkomunikasi dengan temannya dari negara terbelakang akan sependapat bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal kecerdasan. Ras dan warna kulit juga bukan faktor penting. Para imigran yang dinyatakan pemalas di negara asalnya ternyata menjadi sumber daya yang sangat produktif di negara-negara maju atau kaya di Eropa.
Dari pernyataan diatas, maka timbul pertanyaan pada kita jika keadannya seperti itu lalu apa perbedaan Negara maju dan berkembang ?. Maka jawaban dari pertanyan tersebut adalah terletak pada perbedaan pada sikap atau perilaku masyarakatnya, yang telah dibentuk sepanjang tahun melalui kebudayaan dan pendidikan.
Berdasarkan analisis atas perilaku masyarakat di negara maju, ternyata bahwa mayoritas penduduknya sehari-hari mengikuti/mematuhi prinsip-prinsip dasar kehidupan sebagai berikut :
1. Etika, sebagai prinsip dasar dalam kehidupan sehari-hari
2. Kejujuran dan integritas
3. Bertanggungjawab
4. Hormat pada aturan dan hukum masyarakat
5. Hormat pada hak orang/warga lain
6. Cinta pada pekerjaan
7. Berusaha keras untuk menabung dan investasi
8. Mau kerja keras
9. Tepat waktu
Dalam negara terbelakang/miskin/berkembang, hanya sebagian kecil masyarakatnya mematuhi prinsip dasar kehidupan tersebut. Kita bukan miskin (terbelakang) karena kurang sumber daya alam, atau karena alam yang kejam kepada kita. Kita terbelakang, lemah, miskin karena perilaku kita yang kurang/tidak baik. Kita kekurangan kemauan untuk mematuhi dan mengajarkan prinsip dasar kehidupan yang akan memungkinkan masyarakat kita pantas membangun masyarakat, ekonomi dan negara. Tidak mudah mengubah sebuah Negara atau mengubah sekelompok masyarakat, namun akan lebih baik jika perubahan dimulai dari kita sendiri.


Faktor-Faktor dan Perbedaan Antara Negara Maju dan Berkembang
Sumber :Internet
Bos sedang membaca artikel tentang Faktor-Faktor dan Perbedaan Antara Negara Maju dan Berkembang dan Bos bisa menemukan artikel Faktor-Faktor dan Perbedaan Antara Negara Maju dan Berkembang ini dengan url http://tebar-ilmu.blogspot.com/2010/08/faktor-faktor-dan-perbedaan-antara.html, Bos boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Faktor-Faktor dan Perbedaan Antara Negara Maju dan Berkembang ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Bos, namun jangan lupa untuk meletakkan link Faktor-Faktor dan Perbedaan Antara Negara Maju dan Berkembang sebagai sumbernya
Related Posts with Thumbnails

2 komentar:

Faktor-Faktor dan Perbedaan Antara Negara Maju dan Berkembang mengatakan...

Faktor-Faktor dan Perbedaan Antara Negara Maju dan Berkembang

faizah mengatakan...

lalu knp negara maju tdk trgantung pd alam sdngkan ngr brkmbang sprti indonesia sngt tergantung pd alam,itu mengapa?

Posting Komentar