Tebar Ilmu official website | Members area : Register | Sign in

Tutorial Gratis



Gereja-Gereja Eropa Yang Akan & Sudah Berubah Menjadi Masjid

07 September 2010

Share this history on :
Seiring meningkatnya jumlah Muslim di Eropa dan Amerika akibat dari arus Urbanisasi, angka kelahiran muslim dan bertambahnya jumlah mu’alaf di negara-negara tersebut serta meningkatnya kebutuhan akan sarana Ibadah Muslim, hal ini telah menimbulkan fenomena baru dengan berubah fungsinya Gereja-gereja menjadi Masjid dan tempat ibadah dari agama lain. Berikut ini beberapa cuplikan artikel yang berhasil kami himpun akan fenomena ini.

-Hagia Sophia Istanbul,Turki
Hagia Sophia atau biasa dibaca Aya Sofia semula merupakan gereja di Istanbul, Turki. Dibangun oleh Kaisar Bizantium Justinia I pada 532 M dan 537 M. Sebetulnya bangunan Aya Sofia in merupakan bangunan gereja ketiga setelah dua bangunan sebelumnya yang dibangun pada lokasi yang sama, runtuh akibat kerusuhan.

Pada 1453 M, Konstantinopel ditaklukkan oleh Khilafah Turki Utsmani. Sultan Muhammad II memerintahkan gereja ini diubah menjadi masjid. Segala yang berbau Nashrani, semacam lonceng, altar, vas suci, disingkirkan dari bangunan ini. Turki Utsmani menambahkan menara, mihrab, dan mimbar.


Spoiler for Haga Sophia



-Lala Mustafa Pasha Mosque Famagusta, Cyprus
Terletak di Famagusta, Cyprus. Sebelumnya merupakan gereja Santo Nicholas yang dibangun pada 1328 M. Saat Famagusta, Cyprus. Saat Famagusta jatuh ke tangan Turki Utsmani pada Agustus 1571 M, gereja ini diubah menjadi masjid dan diberi nama Masjid Santo Sophia Gazi-magosa. Gambar-gambar makhluk bernyawa, salib, serta makam disingkirkan. Pada 1954 M, masjid ini diganti nama menjadi Masjid Lala Musthafa Pasha.


Spoiler for Lala Mustafa Pasha Mosque


Spoiler for Lala Mustafa Pasha Mosque dari dalam



-MASJID AN NASHR, MASJID TERBESAR DI BELANDA
Kaum muslimin di Belanda berusaha keras untuk mewujudkan Masjid an-Nashr di kota Routerdam dalam penampilan barunya setelah diumumkan adanya sebuah proyek besar untuk renovasi bangunan yang asalnya adalah sebuah gereja yang berhasil dibeli oleh minoritas muslim dari pengurus gereja.

Ali at-Tasyi, Direktur Yayasan Masjid an-Nashr menjelaskan bahwa masjid akan mengalami pembaharuan dalam penampilan dan pelebarannya setelah beberapa pihak tertentu pada tahun-tahun terakhir ini menutup sebagian lokasi masjid karena rapuh dan hampir runtuh.At-Tasyi menambahkan: “25 tahun yang lalu kami mampu membeli bangunan tersebut seharga setengah juta Euro, dan bangunan masjid ini dulunya adalah sebuah gereja, lalu kaum muslimin membelinya pada tahun 1982.”


Spoiler for Masjid An Nashr dari dalam


-CATEDRAL MOSQUE, MASJID AGUNG DI MARSEILLE – PRANCIS
Hampir selama 150 tahun, Gereja Notre-Dame S de la Garde menghiasi pemandangan Kota Marseille, Prancis. Gereja ini terletak di titik tertinggi kota tersebut yang menghadap sebuah pelabuhan tua. Tapi, tak lama lagi pemandangan itu akan berubah. Di sana akan berdiri sebuah masjid agung.

Sejumlah kalangan menyebutnya sebagai `Cathedral Mosque’. Arsitek yang merancang bangunan masjid itu mengatakan, bahwa mereka meminjam inspirasi Taj Mahal. Kelak, masjid ini akan dilengkapi dengan kubah emas besar. Menaranya akan menjulang mencapai 24 meter.

Ruangan salat dirancang cukup luas dan diperkirakan mampu menampung sekitar 7.000 jamaah dan akan menjadi masjid terbesar di Prancis.

“Ini merupakan proyek yang lama tertunda,” kata Yves Moraine, pemimpin partai berkuasa UMP kepada kantor berita BBC.


Spoiler for Catedral yang akan berubah menjadi Masjid


-Masjid Selimiye Nicosia, Cyprus
Masjid Selimiye atau As-Salamiyyah terletak di Nicosia, Cyprus, yang dulunya adalah gereja Kristen Katedral Santo Sophia. Dibangun pada 1228 M. Setelah Turki Utsmani menguasai Cyprus pada 1571 M, gereja ini diubah menjadi masjid. Sekarang menjadi masjid jami' terbesar di Nicosia, Cyprus.


Spoiler for Masjid Selimiye


-MASJID JAMI’ MILIK MUSLIM NEW YORK, AS
Sebuah kelompok Muslim telah membeli sebuah bekas gereja katolik ‘Queen of Peace’ berikut biara dan sekolahnya, di jalan Genesee di kawasan Buffalo pinggiran kota New York AS dan berencana untuk menggunakan kompleks bekas gereja tersebut menjadi pusat komunitas Muslim dan masjid.

Gereja tersebut akan dirubah menjadi masjid dan dinamakan masjid Jami’, yang artinya tempat untuk berkumpul bersama, kata Dr Hatim Hamad yang menjadi pimpinan kelompok orang tua Islam, serta yang mendanai pembelian masjid tersebut.


Spoiler for Gereja yang akan menjadi Masjid Jami


-Masjid Jami’ London, England
Tempat ibadah ini juga dikenal dengan sebutan masjid Brick Lane, karena posisinya di Brick Lane 52. Bangunan berdinding bata merah itu, merupakan masjid terbesar di London, yang mampu menampung 4000 jama’ah. Walau demikian luas, masjid ini belum bisa menampung seluruh anggota jama’ah shalat Jumat, hingga sering kali jama’ah meluber ke jalan raya. Mayoritas anggota jama’ah merupakan keturunan Banglades, hingga wilayah tersebut disebut Banglatow.

Masjid ini memiliki sejarah yang sangat unik dan panjang. Awalnya, bangunan yang didirikan sejak tahun 1743 ini adalah gereja Protestan. Dibangun oleh komunitas Huguenot, atau para pemeluk Protestan yang lari dari Prancis untuk menghindari kekejaman penganut Katolik. Akan tetapi, karena jama’ahnya menurun, maka gereja ini dijual.


Spoiler for Masjid Jami London


-Masjid Didsbury Manchester, England
Masjid ini terletak di Burton Road, Didsbury Barat, Manchester. Gedung yang digunakan sebelumnya merupakan bekas gereja komunitas Metodis, yang bernama Albert Park. Gedung ini tergolong bangunan kuno, karena telah beroprasi sejak tahun 1883. Akan tetapi, pada tahun 1962 gereja ditutup, dan beralih menjadi masjid dan islamic center. Masjid ini, kini mampu menampung 100 jama’ah, dan yang bertanggung jawab sebagai imam dan khatib hingga kini adalah Syeikh Salim As Syaikhi.


Spoiler for Masjid Didsbury


-Masjid Brent London, England
Terletak di Chichele Road, London NW2, dengan kapasitas 450 orang, dan dipimpin oleh Syeikh Muhammad Sadeez. Awalnya, bangunan itu merupakan gereja. Hingga kini ciri bentuknya tidak banyak berubah. Hanya ditambah kubah kecil berwarna hijau di beberapa bagian bangunan dan puncak menara.


Spoiler for Masjid Brent London


-Masjid New Peckham London, England
Didirikan oleh Syeikh Nadzim Al Kibrisi. Terletak di dekat Burgess Park, tepatnya di London Selatan SE5. Kini masjid ini berada di bawah pengawasan Imam Muharrim Atlig dan Imam Hasan Bashri. Sebelumnya, gedung masjid ini merupakan bekas gereja St Marks Cathedral.


Spoiler for Masjid New Peckham London


-Central Mosque Wembley, England
Masjid ini terletak di jantung kota Wembley, dekat dengan Wembley Park Station. Daerah ini memiliki komunitas Muslim besar dan banyak toko Muslim yang berada di sekitarnya. Gedung masjid ini sebelumnya juga merupakan bekas gereja. Walau sudah terpasang kubah di puncak menaranya, tapi kekhasan bangunan gereja masih nampak jelas. Dengan demikian,siapa saja yang melihatnya, akan mengetahui bahwa bangunan itu dulunya adalah gereja.


Spoiler for Central Mosque Wembley


-Haidar Pasha Mosque Nicosia, Cyprus
Di Nicosia, masjid yang sebelumnya adalah Katedral Santa Catherine ini dibangun oleh pengikut Lusignan pada abad ke-14. Turki Utsmani lah yang mengubahnya menjadi masjid ketika Nicosia tertaklukkan.


Spoiler for Haidar Pasha Mosque
Sumber : kaskus
Bos sedang membaca artikel tentang Gereja-Gereja Eropa Yang Akan & Sudah Berubah Menjadi Masjid dan Bos bisa menemukan artikel Gereja-Gereja Eropa Yang Akan & Sudah Berubah Menjadi Masjid ini dengan url http://tebar-ilmu.blogspot.com/2010/09/gereja-gereja-eropa-yang-akan-sudah.html, Bos boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Gereja-Gereja Eropa Yang Akan & Sudah Berubah Menjadi Masjid ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Bos, namun jangan lupa untuk meletakkan link Gereja-Gereja Eropa Yang Akan & Sudah Berubah Menjadi Masjid sebagai sumbernya
Related Posts with Thumbnails

3 komentar:

Sella mengatakan...

Kalo ga salah Hagia Sophia malahan yang dari masjid ke gereja deh? dunno

cale mengatakan...

hagia sophia dari gereja ke mesjid lalu jadi museum, krn jaraknya terlalu dekat ama mesjid biru

arya nicobar mengatakan...

Skrg hagia sophia dijadikan masjid kembali oleh pemerintahan edorgan, dari sblmnya gereja hagia sophia, lalu jadi masjid ayya sofiya, lalu menjadi musium hagia sophia lalu menjadi masjid lagi th 2014 menjadi masjid Ayya sofia kembali..

Posting Komentar