Tebar Ilmu official website | Members area : Register | Sign in

Tutorial Gratis



Pentingnya Pembelaan Negara

03 Agustus 2010

Share this history on :

Mengapa usaha pembelaan negara penting dilakukan?


  Pernahkah kalian memiliki barang yang diganggu atau akan diambil alih orang lain tanpa hak? Apakah kalian berusaha membela atau mempertahankannya? Pasti kalian mempertahankannya bukan? Setiap manusia normal secara naluriah pasti akan selalu melindungi, membela, dan mempertahankan apa yang dia miliki dari ganguan orang lain. Lebih-lebih jika sesuatu itu sangat disenangi, sangat penting,  dan sangat berharga bagi kalian. 
          Hal lain yang sangat penting bagi kehidupan kita adalah negara. Pada dasarnya setiap orang membutuhkan suatu organisasi yang disebut negara. Apa yang akan terjadi jika tidak ada negara? Thomas Hobbes pernah melukiskan kehidupan manusia sebelum adanya negara yaitu ”manusia merupakan serigala bagi manusia lainnya” (Homo Homini Lupus)  dan ”perang manusia lawan manusia” (Bellum Omnium Contra Omnes). Dengan demikian, jika tidak ada negara pasti tidak akan ada ketertiban, keamanan, dan keadilan. 
           Supaya hidup tertib, aman, dan damai  maka diperlukan  negara. Negara akan tegak berdiri jika dipertahankan oleh setiap warga negaranya. Oleh karena itu, membela negara sangat penting dilakukan oleh setiap  warga negaranya.  Ada beberapa alasan mengapa usaha pembelaan negara penting dilakukan oleh setiap warga negara Indonesia, diantaranya yaitu:
a. untuk mempertahankan negara dari berbagai ancaman;
b. untuk menjaga keutuhan wilayah negara;
c. merupakan panggilan sejarah;
d. merupakan kewajiban setiap warga negara.
          Alasan-alasan pentingnya usaha pembelaan negara tersebut dapat dihubungkan dengan Pertama, teori fungsi negara; Kedua, unsur-unsur negara; Ketiga, aspek sejarah perjuangan bangsa (merupakan panggilan sejarah); dan Keempat,  peraturan perundang-undangan tentang kewajiban membela negara.

sumber:internet
Bos sedang membaca artikel tentang Pentingnya Pembelaan Negara dan Bos bisa menemukan artikel Pentingnya Pembelaan Negara ini dengan url http://tebar-ilmu.blogspot.com/2010/08/pentingnya-pembelaan-negara.html, Bos boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Pentingnya Pembelaan Negara ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Bos, namun jangan lupa untuk meletakkan link Pentingnya Pembelaan Negara sebagai sumbernya
Related Posts with Thumbnails

0 komentar:

Posting Komentar